header image

Meningkatkan Potensi Diri di Kantor

Posted by: | December 18, 2012 Comments Off on Meningkatkan Potensi Diri di Kantor |

Kehidupan di kantor selayaknya kehidupan sehari-hari dirumah. Ada masalah kita temui, konflik, beradu kepentingan, romantika kehidupan de el el. Pastinya semua harus disikapi dengan bijak, agar kehidupan di kantor membuat kita nyaman dalam bekerja. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan kepercayaan diri pada berbagai situasi di tempat kerja:

1. Gunakan waktu sebaik mungkin
Jika Anda berada dalam situasi kerja yang kurang menguntungkan alias nggak tepat. Fokuskan energi Anda untuk mengatasi dan mencari jalan keluar dari situasi. Ini akan membantu Anda mengatasi situasi secara otomatis.

2. Raih prioritas utama
Buatlah daftar prioritas tujuan kerja Anda. Kemudian pelajari dan pahami dengan seksama. Langkah-langkah, hambatan dan penyelesaiannya. Diskusikan dengan rekan atau pasangan.
Mintalah mereka untuk membantu.

3. Hargai pendapat rekan
Mintalah pendapat rekan kerja jika Anda butuh pertimbangan. Siapa tahu pendapat mereka memberi masukan berarti. Ingat dua kepala lebih baik dari pada satu kepala.

4. Jangan pedulikan komentar
Jika rekan mencela atau memprotes Anda, mungkin mereka sedang mencoba menekan dan merendahkan rasa percaya diri Anda. Tanggapi dengan tenang dan katakan saja bahwa Anda akan memikirkan komentar mereka. Sehingga emosi Anda tetap terkendali tanpa membuat api perselisihan.

5. Pilihlah teman setia
Anda tidak bisa memilih atasan. Tapi Anda bisa memilih teman. Pilihlah mereka yang benar-benar terbuka, seide dan setia dalam satu tim. Teman yang setia dan bijaksana akan lebih banyak membneri masukan dan dorongan sehingga tujuan kerja mudah tercapai.

6. Batasi emosi
Berbeda dengan pria yang betapapun serunya berdebat, setelah itu bisa makan siang dan bergurau bersama. Dalam memberi argumen, wanita sering dengan perasaaan. Perasaan itu harus Anda hilangkan. Setelah selesai berdebat kembalilah pada emosi sebelumnya. Cukup berdebat pada situasi tertentu. Sesudahnya tersenyumlah bersama.

7. Berpikirlah rasional dan lugas
Ekspresikan diri Anda dan salurkan lewat tindakan dan langkah yang pasti. Terbukalah pada diri sendiri. Terima kekurangan dan keterbatasan diri. Jangan terlalu banyak membuai diri dengan banyak mimpi.

8. Komunikasi terbuka
Jangan lari dari situasi sulit. Justru Anda bisa belajar banyak dari situasi tersebut. Anda bisa cur-hat dan minta bantuan rekan mengatasi situasi tersebut.

9. Dengar argumen rekan
Jika rekan melakukan kesalahan atau kekeliruan kecil. Mintalah argumennya mengapa hal tersebut terjadi. Jangan memotongnya dengan mengatakan, “lupakan saja”.Dengar baik-baik sehingga Anda tahu alasannya dengan detail.

10. Hindari memandang persoalan dari satu sisi
Jangan beranggapan bahwa rekan pria tidak mengajak Anda kencan hanya karena Anda gemuk atau kerempeng. Mereka mungkin mempunyai seribu satu alasan tersendiri.

11. Prioritas
Beri target mana saja yang harus penting dan yang tidak.

12. Selalu siap
Sebelum menjalankan proyek anggap Anda sudah berada di garis depan dan sudah mempersiapkan segalanya. Jika Anda panik, bayangkan saja proyek yang akan Anda pimpin sudah pernah Anda tangani dan sukses. Tapi jangan lupa persiapkan segalanya secara matang dan terperinci. Sehingga Anda pede dan mantap.

13. Jangan pendam
Jika Anda mempunyai keluhan, atasi segera atau lupakan. Jangan biarkan hambatan kecil tersebut menguasai dan mengganggu kinerja Anda.

Sumber:
Koleksi pribadi

under: Kiat Tips
Tags: ,

Categories